Walikota Bima Senam Bersama 8 Ribu KPM PKH

Kota Bima LAWATANEWS-Pemerintah Kota Bima meriahkan Hari Ulang Tahun PKH Ke 9 Tahun 2022 Tingkat Kota Bima yang diisi dengan Senam Bersama dengan 8 Ribu KPM PKH, dan Pemotongan Tumpeng HUT PKH. Acara tersebut juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB DR. H. Ahsanul Halik, S.Sos bertempat di Halaman Kantor Walikota pada Sabtu, 3 September 2022.

Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE didampingi Sekda Kota Bima, seluruh Staf Ahli Walikota, seluruh Asisten, Ketua Dekranasda Kota Bima, Wakil Ketua DPRD Kota Bima Syamsurih, SH, FKPD Lingkup Pemerintah Kota Bima, Kepala Baznas Kota Bima, dan para Sponsor dari BUMN dan BUMD.

Para Sponsor yang terlibat memeriahkan Hari Ulang Tahun PKH Kota Bima Ke 9 Tahun 2022 terdiri dari Bank BNI Cabang Bima, Bank NTB Syariah, Bank BRI Cabang Bima, BPJS Cabang Bima, Alfamart Cabang Kota Bima, Aladin Store, Tukad Mas, KPP Pratama Raba Bima, dan lainnya.

Jumlah kupon undian doorprize sebanyak 8 ribu, dengan hadiah atau doorprize terdiri dari Kulkas, TV, Kipas Angin, mesin cuci, dan lainnya.

Kepala Dinas Sosial Kota Bima Yuliana, S.Sos dalam laporannya menyampaikan, pihaknya sangat bangga karena tahun 2022 saat ini pertama kali dilaksanakan HUT PKH ke 9 Kota Bima secara meriah.

“Program PKH hadir di Kota Bima dimulai sejak tahun 2013 hingga saat ini dengan jumlah Kelompok Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 8.215”, ungkap Yuliana.

Selama 9 tahun berjalan, anggaran yang digelontorkan pemerintah sebanyak 108 Milyar dalam rangka pengentasan kemiskinan di Kota Bima khususnya.

Lanjut Yuliana, berkat kerjasama SDM PKH sebanyak 23 orang, PKH Kota Bima ditingkat provinsi meraih Juara Pertama. Kemudian Juara Kedua, dengan keterlibatan Pemerintah Kota Bima menggelontorkan dana sharing melalui APBD Kota Bima.

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi disertai ucapan terima kasih yang setinggi-tinggi kepada Walikota Bima atas bantuan hibah sebanyak 34 unit motor sebagai kendaraan Operasional SDM PKH.

Selain itu juga para SDM PKH Kota Bima dibantu biaya operasional Pendamping sebesar 300 Ribu/bulan, laptop serta kebutuhan SDM PKH, dimana semua itu murni bersumber dari Dana Sharing APBD Kota Bima, selain dari Dana Sharing Pemerintah Pusat untuk Program PKH yang masuk di Kota Bima sebesar 108 Milyar sejak tahun 2013 sampai saat ini.

Masih dituturkan Yuliana, pihaknya akan meningkatkan kinerjanya, sampai hari ini sebanyak 805 orang yang mencapai kelompok sejahtera, dengan dibantu oleh ketua kelompok atau koordinator sebanyak 300 orang.

Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE dalam sambutannya menyampaikan, PKH secara nasional telah berusia 15 tahun, ditahun 2007 pemerintah telah menggelontorkan Dana PKH dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah.

Kebetulan PKH Kota Bima sasaran perkotaan dilaksanakan sejak tahun 2013, ini semua dibahas oleh pemerintah bersama DPRD, 2008 mulai dilaksanakan di perkotaan. Harapannya kepada KPM PKH, betul-betul bantuan ini bisa bermanfaat bagi keluarga, bagi anak-anak, bagi keluarga yang telah lulus tergolong sejahtera, imbau Walikota.

“Semoga menjadi keluarga sejahtera, dengan 800 orang yang di tempa berdasarkan hasil musyawarah kelurahan, dengan ikhlas dan secara sukarela dirinya khaturkan terima kasih kepada keluarga yang telah lulus kategori sejahtera”, ucapnya.

Lebih jauh diharapkan Kota Bima di tahun mendatang KPM PKH semakin berkurang, dan keluarga-keluarga menjadi keluarga sejahtera.

Disamping itu harapannya kepada keluarga yang mempunyai anak didik, dapat menjadi anak berprestasi, ini semua wujud dari pemutusan rantai kemiskinan, mempunyai kemampuan berkompetisi dengan siapapun.

“Dirgahayu PKH ke 9 di Kota Bima, mudah-mudahan keluarga PKH akan menjadi keluarga sejahtera ditahun mendatang”, tutupnya. (ad)

117 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *