H. Muhammad Lutfi SE. Hadiri Pembukaan Latihan Kader HMI Tingkat Nasional Cabang Bima

LAWATANEWS – H. Muhammad Lutfi SE, Bupati Bima Hj Indah Damayanti Putri SE, beserta Wakil Bupati Bima Drs H Dahlan M Noer menyambut kedatangan Bendahara Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Pusat Abdul Robby Syahrir dan Ketua Komisi II DPR RI Dr H Ahmad Doli Kurnia Tandjung S.Si MT yang berkesempatan untuk menghadiri acara Pembukaan Latihan Kader II Tingkat Nasional Cabang Bima yang berlangsung di Gedung Seni dan Budaya Kota Bima (16/05).

Dengan mengusung tema “Transformasi HMI dan Keindonesiaan” kegiatan tersebut diharapkan mampu mencetak kader-kader muda yang memiliki potensi dalam memimpin dan menjadi suri tauladan masyarakat di masa depan.

Dalam laporannya, Ketua Panitia menjabarkan jumlah dan alur seleksi latihan kader tersebut yang berlangsung selama 9 hari terhitung sejak 16 hingga 24 Mei 2022 bertempat di KLK Kabupaten Bima. Dengan jumlah peserta sebanyak 63 orang dan telah terseleksi sehingga menghasilkan 45 peserta yang lolos dan berhak mengikuti pelatihan kader II HMI.

Selanjutnya, dalam sambutannya, Ketua Umum HMI Cabang Bima menerangkan bahwa di usianya yang hampir menginjak umur 100 Tahun, HMI masih terus bersumbangsih dan berperan penting dalam kemajuan masyarakat. Oleh sebab itu besar harapan beliau akan kualitas yang terus digembleng melalui pengkaderan yang secara turun-temurun dijaga dan dibudayakan agar selalu bisa melahirkan calon pemimpin dan pengauom masyarakat yang bermanfaat.

“Menjadi penting bahwa kualitas pengkaderan bisa memberi manfaat untuk tidak hanya HMI tetapi juga bisa mewarnai setiap kehidupan lingkungan masyarakat.” Tandasnya.

Seolah sepakat dengan hal tersebut, Koordinator Presidium MD KAHMI Kabupaten Bima juga menambahkan bahwa HMI hadir tak lain adalah untuk kepentingan pembangunan moral dan karakter masyarakat.

“Hadirnya HMI ini diharapkan menjadi alat mentransformasikan ide dan gagasan yang tercermin dari keresahan masyarakat dan ikut serta dalam mewujudkan masyarakat yang berintegrasi dan berwawasan islami.”

Kemudian dengan seksama Bupati Bima yang berkesempatan memberikan sambutannya turut mengungkapkan rasa syukurnya atas berlangsungnya Latihan Kader II tersebut. Dengan harapan yang sama, beliau menuturkan doanya kepada para peserta kader yang telah berhasil lolos untuk dapat terus menularkan dan meneruskan cita-cita yang diemban bersama dalam satu himpunan organisasi HMI.

“HMI sebagai organisasi besar kita harapkan akan terus memberikan kontribusi nyata di tengah masyarakat. Akan dapat mengembangkan sayapnya bahwa kader HMI tidak hanya berorganisasi tapi juga memberikan manfaat nyata kepada masyarakat. Teruslah bermimpi melahirkan kader-kader yang mumpuni dan bermimpi lahirnya kader di tingkat Nasional dari Kota dan Kabupaten Bima.” Harapnya.

Dilanjutkannya oleh sambutan Wali Kota Bima yang juga mengungkapkan rasa bangganya akan dipertemukannya para tokoh-tokoh inspiratif agen perubahan dalam suatu acara yang penuh semangat menginspirasi pada malam itu.

Dengan semangat beliau memuji kegiatan pelatihan kader tersebut telah sukses melahirkan para pemimpin muda yang berkualitas dan berwawasan luas sehingga mampu memimpin dan saling mengayomi bersama masyarakat.

“Kota bima memiliki kader2 HMI yang berkualitas, yang berkiprah di berbagai bidang. Semoga bisa dapat menginspirasi calon2 kader lainnya untuk dapat berkembang dan bermimpi yang tinggi dan mudah-mudahan LK II bisa menjadi batu loncatan dalam berkiprah ke jenjang yg lebih tinggi, dan mewarnai setiap sisi pembangunan daerah dan nasional. Saya yakin dan prcaya kader HMI memiliki potensi itu.” Rasa Syukurnya terpanjat dalam sambutannya.

Dengan ditutup oleh sambutan Bendahara Umum PB HMI, Abdul Robby Syahrir menekankan bahwa hadirnya kader HMI merupakan sebuah peranan penting dalam mengemban misi dan amanat masyarakat. Dengan menjembatani masyarakat dan pemerintah, beliau berharap kader HMI bisa menghadirkan lingkungan yang positif di berbagai kesempatan mengemukakan aspirasi.

“Seperti halnya dengan mengedepankan nilai-nilai negosiasi dalam membawa aspirasi rakyat sehingga dapat mencapai kesepakatan bersama.  Komitmen kita sebagai kader bahwa menjaga keutuhan keorganisasian baik KAHMI dan HMI agar tetap mengalir seperti air yang tak henti memberikan manfaat.” Tutupnya sekaligus membuka secara resmi Latihan Kader II (Intermediate Training) dan Senior.(ad)

11 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *