WALIKOTA BIMA SERAHKAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH TA 2021

LAWATANEWS – Walikota bima H. ​​muhammad lutfi menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021 ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Provinsi NTB.

LKPD tersebut diterima langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi NTB ilham nurhidayat, di Hotel Lombok Raya Mataram, senin (14/03/2022).

LKPD tersebut wajib disampaikan oleh Kepala Daerah ke BPK paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir sebagaimana amanat dari UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara.
Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi NTB ilham nurhidayat dalam Arahnya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Kota Bima yang telah menyampaikan LKPD tepat waktu sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
“Selanjutnya LKPD yang telah diterima tersebut nantinya akan dilakukan pemeriksaan terinci yang akan dilakukan oleh tim audit BPK untuk melakukan penilaian dan penilaian berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) untuk kemudian diberikan atas LKPD yang diaudit tersebut,” ujarnya .

Sedangkan Walikota Bima untuk menghadiri acara tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPK yang secara berkala melakukan pembinaan kepada Pemerintah Daerah melalui audit LKPD setiap tahunnya maupun audit lainnya yang menjadi kewenangan BPK.

Hal tersebut tentunya menjadi pedoman bagi Pemkot Bima untuk melaksanakan tugas pada keuangan daerah agar sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Masih kata aji lutfi, pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel akan bermuara untuk peningkatan kesejahteraan melalui pelaksanaan program dan kegiatan strategi Pemerintah Daerah sebagaimana tercantum pada visi dan misi Kepala Daerah.

Atas capaian tersebut Wali Kota Bima meyampaikan apresiasi kepada jajaran yang telah memberikan kinerja terbaik, benar dan tepat. Sehingga mampu memenuhi apa yang menjadi tuntutan dalam tugas-tugas dan pengajuan LKPD.

“Apresiasi kepada ASN yang telah menunjukkan kinerja yang baik dan profesional, khususnya dalam penyampaian LKPD pemerintah Kota Bima Anggaran 2021. Sehingga acara serah terima LKPD berjalan sukses dan menambah harum nama Kota Bima”, ungkap Wali Kota

“Pembinaan melalui audit yang dilakukan oleh BPK nantinya diharapkan dapat memanfaatkan semaksimal mungkin oleh Perangkat Daerah untuk mewujudkan dan memanfaatkan bimbingan dalam pelaksanaan agar terhindar dari ketentuan peraturan perundang-undangan yang dapat menimbulkan risiko hukum,” ujar Walikota Bima.

Jangan lupa, Walikota Bima juga menyampaikan harapan kepada BPK agar nantinya Pemerintah Kota Bima dapat meraih kembali dan mempertahankan opini wajar tanpa kejutan (WTP) atas pemeriksaan LKPD Tahun 2022 tersebut.(dk)

186 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *