Cegah Rabies Meluas, Bagian Kesra Setda Kota Bima Gelar Sosialisasi

Kota Bima, Lawatanews- Bagian Kesra Setda Kota Bima kembali sosialisasikan kewaspadaan KLB rabies untuk para aparatur terkait. Kegiatan tersebut bertujuan memberikan edukasi dan pengetahuan terkait bahaya rabies untuk para Lurah dan Camat di tiga Kecamatan, yakni Mpunda, Rasanae Barat dan Asakota, bertempat di Aula Kantor Camat Rasanae Barat, Rabu 12 Desember 2020.

Acara tersebut di buka secara resmi oleh Asisten 1 Setda Kota Bima Drs. H Supratman, MAP., dengan menekankan beberapa aspek terkait bahanya penyakit menular (Zoonosis).

Demikian juga dengan Kadis Pertanian Kota Bima yang merinci korban gigitan rabies hingga saat ini telah bertambah menjadi 165 kasus sejak akhir 2019 sampai sekarang. dengan perincian 120 kasus terjadi pada 2019 dan 40 kasus lainnya terjadi pada tahun 2020.

Untuk penanganan, sejauh ini telah diberikan vaksinasi di 17 kelurahan pada 4 Kecamatan dan telah ditingkatkan pada 31 kelurahan telah divaksinasi. selanjutnya akan ditargetkan 10 kelurahan lagi untuk di lakukan vaksinasi hingga dapat memenuhi target eliminasi pada tanggal 20 Februari 2020.

Dijelaskan pula bahwa dengan digelarnya sosialisasi ini dapat diteruskan oleh para Lurah di masing- masing Kelurahan dengan merangkul Ketua RT/ RW sehingga proses sosialisasi ini dapat sampai dengan tepat pada warga masyarakat. (nr)

89 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *