Tumbuhkan Kecintaaan pada Seni Tari, Pemkot Bima Gelar Festival Tari Kreasi Lenggo Mbojo

Kota Bima LAWATANEWS

Dalam rangka melestarikan Budaya Bima, Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Pariwisataan dan Kebudayaan Kota Bima menggelar Festival Tari Kreasi Lenggo Mbojo di Lapangan Serasuba Kota Bima, Sabtu 23 September 2023.

Festival Tari Kreasi Lenggo Mbojo bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap seni tari dan jati diri bangsa sebagai bentuk pembuktian dimasa mendatang agar seni Tari Lenggo Mbojo tetap hidup dan berkembang serta memberikan hiburan yang sehat, edukatif dan bernilai kesatuan bagi generasi muda Indonesia khususnya di Daerah Bima.

Tari lenggo kreasi adalah tarian yang mengambil gerak dasar Tari Lenggo Siwe atau Lenggo Mbojo untuk dijadikan ruang ekspresi remaja putri bima agar bisa mencintai, melestarikan gerak dasar tari tradisional.

Adapun iringan musik dari Tari Lenggo ini berupa serunai (seruling), gong dan katonggak (gendang dari kulit) yang dimana para penari akan mengenakan pakaian adat tradisional Kota Bima yaitu baju bodo.

Wali Kota Bima H.Muhammad Lutfi, SE dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bima yang telah berinisiasi melaksanakan Festival Tari Kreasi Lenggo Mbojo Kolosal sebagai manifestasi di bidang seni gerak.

Event ini menjadi point penting dalam mengembangkan industri pariwisata yaitu menjual keindahan alam (nature) dan keunikan budaya (culture) dengan melestarikan nilai-nilai seni budaya daerah.

Selain itu dengan berkembangnya Kepariwisataan di daerah bima ini nantinya akan memberikan dampak pada peningkatan pembangunan perekonomian masyarakat, sebab sektor pariwisata merupakan sektor yang sangat potensial dan cepat berkembang.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi sehingga seluruh kegiatan kalender event Kota Bima tahun 2023 dapat terselenggara dengan baik, lancar dan sukses, Kepada anak-anakku tercinta, terima kasih kalian sudah menari sangat cantik dan sangat memukau warga Kota Bima,” ujarnya

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Pimpinan DPRD Kota Bima, Bupati Bima, Forkompimda Kota Bima, Kanwil Kemenkumham Provinsi NTB, Sekretaris Daerah Kota Bima, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov NTB, Ketua Tim Penggerak PKK, Kepala Kemenag Kota Bima, Kepala UPT Dikmen Bima, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Kepala OPD Sekota Bima, Camat dan Lurah se-Kota Bima, Kepala akademisi se-Kota Bima, Kepala sekolah SMA/SMK Se-Kota Bima, SD/SMP/MTs Negeri/Swasta Se-Kota Bima, Para Budayawan, Seniman, Praktisi dan Penggiat Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Undangan dan peserta Festival Tari kreasi Mbojo.(ad)

467 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *