KPK Tunjuk Kota Bima Sebagai Acuan Pembangunan Command Center di KLU

Kota Bima LAWATANEWS

Keberadaan Command Center Kota Bima sebagai salah satu bentuk inovasi Pemerintah Kota Bima dalam merespon perkembangan teknologi dan kebutuhan daerah berbasis IT. Selain itu, portal ini dapat dimanfaatkan oleh semua pihak untuk mendapatkan informasi dan layanan pemerintah secara online.

Menjadi salah satu kota yang pertama mencetus Command Center di Wilayah Nusa Tenggara Barat. Hal tersebut tentu menjadikan Kota Bima sebagai acuan atau contoh bagi daerah lain di NTB.

Setelah sebelumnya Dinas Kominfo Kabupaten Dompu, Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Lombok Timur hingga Dinas Kominfotik Provinsi NTB telah melakukan kunjungan kerja di Command Center Kota Bima.

Dinas Kominfotik Kota Bima yang membawahi Command Center kembali menerima kunjungan kerja dari Dinas Kominfo Kabupaten Lombok Utara, di Ruang Rapat Walikota Bima, Kamis (13/10/2022).

Ir. Supawarman selaku Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan menyambut hangat kunjungan kerja tersebut. Disamping itu, Ia menjelaskan bahwa keberadaan Command Center merupakan Pusat Kendali Pemerintahan untuk Kota Bima. “Kegiatan seluruh Perangkat Daerah bisa dilihat oleh masyarakat melalui website Perangkat Daerah dan apabila ada keluhan bisa langsung di sampaikan melalui aplikasi “SANINU” Kota Bima yang akan diterima oleh operator di Command Center dan akan diteruskan ke Perangkat Daerah terkait,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lombok Utara (KLU) mengutarakan kunjungan ini atas dasar rekomendasi dari KPK untuk bisa menjadikan Command Center Kota Bima sebagai acuan dalam pembangunan Command Center di KLU.

Dalam sesi diskusi yang di pandu oleh Kepala Bidang TIK Diskominfotik Kota Bima Fadil, SSTP menyampaikan bahwa keberadaan Command Center Kota Bima masih perlu didukung dengan infrastruktur TIK yang memadai dan menunjang hal tersebut, Kasi Pengelolaan Aplikasi, Endang Sri Sumanti, ST, M. Eng menjelaskan Command Center memiliki beberapa aplikasi yang mendukung Kota Bima menjadi Smart City.

Rombongan kunjungan tersebut terdiri dari 13 (tiga belas) orang diantaranya Kepala Dinas Kominfotik, Kepala Bapedda, Inspektur dan rombongan Kominfo Kabupaten Lombok Utara. (ad)

63 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *