HAJA. ELLYA H.M MUHAMMAD LUTFI DIKUKUHKAN JADI BUNDA LITERASI KOTA BIMA

LAWATANEWS – Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) mengukuhkan HAJA. ELYA HM. LUTFI sebagai Bunda Literasi Kota bima periode 2022-2024, Selasa (22/03/2022).
Sebagai Bunda Literasi, umy elly akan mengemban tugas menyosialisasikan, mempromosikan, dan mengampanyekan pemberdayaan gemar membaca dan literasi di tengah masyarakat.

HAJA ELLYA, setidaknya terdapat empat tugas pokok Bunda Literasi. Pertama, mengampanyekan gerakan gemar membaca di seluruh kalangan masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa.

“Kegiatan ini sudah mulai kami laksanakan di berbagai kegiatan kelompok kerja PKK di Kota Bima,” sebut umy elly yang juga Ketua TP-PKK Kota Bima.

Kedua, sebutnya, Bunda Literasi mendorong penggerak PKK untuk secara aktif melakukan sosialisasi gerakan literasi kepada keluarga. Kegiatan ini dapat berupa penyuluhan, pembagian brosur, dan peminjaman buku-buku bacaan.

“Untuk mendukung tugas ini, Alhamdulillah, kami memiliki tim penggerak PKK yang sangat solid. Sehingga, tugas ini diharapkan dapat dilaksanakan secara maksimal,” katanya.

Ketiga, lanjutnya, mendukung program kegemaran membaca anak usia dini dan remaja. Dijelaskan umy elly, di setiap dasawisma telah ada rumah baca yang dapat dimanfaatkan anak-anak dan remaja.

“Keempat, bersinergi dengan dinas terkait, kecamatan, dan kelurahan dalam rangka menumbuhkan kegemaran masyarakat. Sejauh ini dinas terkait sangat mendukung segala program yang diusung,” tutur umy elly.

Ditambahkannya, sebagai Bunda Literasi, ia juga mengemban lima program penting lainnya untuk ke depan. Pertama, pengukuhan Bunda Literasi kecamatan dan kelurahan.

“Pengukuhan Bunda Literasi tingkat kecamatan dan kelurahan ini nantinya diharapkan dapat menciptakan masyarakat yang literat, berpengetahuan, inovatif, kreatif, dan produktif,” sebutnya.

Kedua, umy elly bakal memberikan pembekalan kepada penggerak PKK tentang literasi.

Ketiga, pemberdayaan perpustakaan kelurahan dan pegiat literasi dalam mendukung program PKK.

Keempat, pengembangan perpustakaan digital di masyarakat dan sekolah.
Kelima, kampanye internet sehat untuk keluarga dan masyarakat.

“Program Keberhasilan literasi ditandai dengan terwujudnya keluarga yang sehat, cerdas, bahagia, dan sejahtera,” kata umy elly. (dk)

220 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *