Rayakan Hari Batik Nasional, SMKN 3 Kota Bima Loncing Batik Mantika

LAWATANEWS-Sebuah terobosan baru yang di upayakan Oleh Sekolah Karawi ( SMKN 3 Kota Bima). Bertepatan dengan Perayaan Hari Batik Nasional yang sekaligus di satukan dengan Acara Loncing Batik Mantika di Lapangan sekolah SMKN 3 Kobi cukup mendapat perhatian publik Pers dan Masyarakat Kota Bima sabtu ( 2 /10)

Acara yang bertajuk Sabtu Budaya tersebut dirayakan dengan sederhana namun cukup meriah, di awali epilog yang menggugah rasa hati tentang pentingnya budaya dan kearivan lokal dilestarikan, tampilan tari kolosal dibawah garapan Mutmainnah, S.Pd yang mengisahkan proses pembuatan batik, parade Batik Mantika.

KCD Kota dan Kabupaten Bima, Pengawas Pembina SMK, Kepala SMA DAN SMKN Kota dan Kabupaten Bima,Tokoh Pendidikan, Ketua Darmawanita Kota dan Kabupaten Bima, Darmawanita SMKN 3 Kobi, Pemerhati Pendidikan dan lain-lain.

Kepala SMKN 3 Kobi, Jainuddin, S. Pd menjelaskan bahwa Batik Mantika adalah batik yang menunjukan identitas keaslian suku Mbojo, dengan 3 motif Utama yaitu, Motif Bunga Satako, Cila Mboko, dan Uma Lengge.

” Batik Mantika Produksi kami ini tidak sekadar kostum semata, akan tetapi ada makna dan nilai filosofi yang tinggi dalam tiap simbol yang ada,”
Lebih lanjut kepala sekolah yang memiliki visioner itu berharap kedepannya Batik Mantika dapat di terima oleh masyarakat.

Drs. Anwar SH. M. Si, dalam sambutannya mengaku bangga dengan SMAK 3 Kota Bima.

” tidak banyak Sekolah yang merayakan hari Batik Nasional tapi SMKN 3 Kobi Malah melakukan perayaan dengan suatu terobosan yang cerdas. saya sangat apresiasi dan mendukung progres yang di lakukan Oleh kepala SMK3,”
Menyoal tentang blBatik mantika pria kelahiran sape itu berjanji akan mengupayakan menjadi seragam sekolah2 yang berada di bawah naungannya.

” itu bentuk apresiasi, Batik Mantika satu satunya di NTB, dan SMKN 3 Kobi sudah mampu menunjukan eksistensi nya sebagai sekolah karawi. (ph)

293 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *