Kampus Baru IAIN Segera Berdiri Di Raba Dompu, Diatas Tanah Negara Seluas 200 Hektare Kota Bima

LAWATANEWS-WaliKota Bima melakukan kunjungan kerja terkait rencana pembangunan kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) di Kota Bima.

Kunjungan tersebut dilakukan dibeberapa lokasi yaitu Sekolah PGRI Kota Bima, Wilayah Raba Dompu selatan, dan SMPN 1 Kota Bima.

Kunjungan dan Survei lokasi dilakukan bersama tim pembangunan IAIN dari Jakarta, Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, MA serta didampingi oleh Sekda Kota Bima, Asisten I, Kepala Bappeda Litbang, Kadis Dikbud, Kabag Kesra, Kabag Prokopim dan Ketua PGRI Kota Bima , Selasa 28 September 2021.

Lokasi awal pendirian Kampus IAIN pada kunjungan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas yang dilakukan pada maret 2021 bertempat di wilayah Sambinae Kecamatan Mpunda, Kota Bima. Namun, direncanakan dialihkan ke So Ringi Ncanga Rabadompu karena lahan Pemerintah Kota Bima seluas 200 Hektare.

Beberapa sekolah yang menjadi tujuan kunjungan kerja diawali di SMA PRGI Kota Bima akan menjadi alternatif pembangunan. Sekolah tersebut dikunjungi dan dilakukan survei di beberapa ruangan yang dapat dipergunakan untuk proses belajar mengajar. Selain itu, SMPN 1 Kota Bima juga direncanakan akan menjadi lokasi sementara dalam proses belajar-mengajar sebelum berdirinya gedung dan bangunan kampus IAIN. Lokasi terakhir yang dikunjungi adalah Rabadompu Selatan yang direncanakan menjadi titik pembanguan gedung kampus IAIN Bima.

Wali Kota Bima menyampaikan semoga mimpi bersama ini segera terwujud dengan adanya salah satu kampus negeri di Kota Bima.

“Pemerintah Kota Bima yakin dengan dukungan kita bersama, seluruh pihak, niscahya sebentar lagi Kota Bima akan memiliki kampus islam negeri sendiri” ungkap Wali Kota Bima.

Diakhir kunjungan kerja itu, Prof. Ahmad selaku ketua komite pendirian Kampus IAIN Bima mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Bima. Tentunya, pertemuan tersebut semuanya di atas niat yang sama.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kota Bima khususnya Wali Kota Bima bersama jajaran”, tutupnya.

146 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *