Sinergi PKK Kota Bima dengan Dinas Pertanian, Bagikan Bibit Lele Dan Hortikultura Gratis di Kecamatan asakota

LAWATANEWS PKK Kota bima bersama Dinas Pertanian Kota Bima secara simbolis membagikan bibit hortikultura dan bibit lele secara gratis kepada pengurus PKK Kecamatan asakota kelurahan Jatibaru Timur.

Dari program ini nantinya akan diteruskan kepada PKK kelurahan membagi disetiap lingkungan yang ada. Hal tersebut terungkap pada penyerahan bibit lele bibit terong, cabe, dan tomat oleh Kepala Dinas Pertanian KotaBima, kepada Ketua TP PKK Kota bima, HJ. ELLYA ALWAINI dan Ketua PKK Kecamatan, Jumat (20/8) di Kecematan asakota kelurahan Jatibaru Timur.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kota bima mengatakan bahwa langkah sinergitas bersama Dinas Pertanian Kota Bima ini nantinya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat terlebih dalam masa pandemi covid-19 ini.

Bibit tanaman holtikultura yang diserahkan kali ini secara simbolis nantinya akan diserahkan kepada PKK ditingkat kelurahan untuk selanjutnya kepada warga lingkungan setempat untuk memanfaatkan pekarangan sebagai media tanam.

Jenis bibit terong, cabe dan tomat kita akan distribusikan secara gratis bersama Dinas Pertanian Kota Bima kepada PKK Kecamatan dan dapat diteruskan ke tingkat PKK kelurahan yang ada sehingga mereka bisa tetap produktif melalui kegiatan bertani di rumah masing-masing,” ujarnya.

Lebih lanjut HJ. ELLYA ALWAINI juga menjelaskan bahwa PKK Kota Bima terus memberdayakan masyarakat aktif memanfaatkan pekarangan rumah untuk memenuhi kebutuhan hidup dan menambah pendapatan.

Program ini sebelumnya telah berjalan berkaitan dengan program HATINYA PKK yakni  Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman di tingkat Kelurahan.

Program ini telah berjalan dengan baik tidak terlepas dari adanya gotong royong seluruh keluarga dengan mengoptimalkan tanaman pangan yang produktif yang nantinya dapat bernilai ekonomi tinggi serta dapat juga digunakan sebagai tabungan.

Mengoptimalkan kembali program ini pada masa pandemi saat ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan rumahnya semaksimal mungkin dengan menanam berbagai tanaman untuk kebutuhan sehari-hari,” ujar. Umi Elly.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kota Bima, mengatakan kali ini program sinergitas kembali dilaksanakan bersama PKK Kota bima dengan menyerahkan bibit hortikultura kepada masyarakat melalui PKK kecamatan, kelurahan.

Diharapakan sinergitas ini mampu bersama-sama memberikan manfaat positif di lingkungan keluarga berupa bibit cabai, sayuran, tomat untuk ditanam di pekarangan rumah masing-masing tanpa memerlukan lahan yang luas. Untuk bibit sayuran, Kadis mengatakan hanya butuh 15 hari untuk panen.

kepala dinas pertanian juga menjelaskan sebelumnya pihaknya telah membagikan sebanyak 10.000 bibit tanaman horticultura untuk warga Kota Bima yang terdampak.

Hal ini dilakukan, agar warga yang baru mulai bercocok tanam dan paham cara-cara untuk memulai hingga proses panen. (LAWATA1)

114 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *