Atasi Banjir Sambinae, Begini Langkah Strategis Walikota Bima

Kota Bima, Lawatanews.com- Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE melalui Sekretaris Daerah Kota Bima Drs. H. Mukhtar, MH menugaskan Kepala BPBD untuk mengambil langkah-langkah strategis membantu warga di kelurahan Sambinae, Panggi, dan Dara terkait musibah yang terjadi Rabu, 25 Desember 2019. Luapan Banjir Lumpur dari Gunung, sehingga menggenangi beberapa wilayah tersebut yang diakibatkan intensitas curah hujan yang tinggi disertai angin kencang mengguyur sebagian wilayah Kota Bima.

Satpol PP dan Damkar juga diperintahkan untuk melakukan penyemprotan lumpur di jalan raya yang tertutupi lumpur. Selain itu kepada Dinas Lingkungan Hidup diminta membantu dengan loder mini.

Sesuai data laporan langsung dari BPBD Kota Bima, diperoleh informasi kejadian banjir meliputi, 1. Banjir dari gunung di lingkungan Niu Kelurahan Dara; 2. Banjir dari gunung di Kelurahan Sambinae;  3. Pohon tumbang di sekitar Falcao Kelurahan Dara; 4. Pohon tumbang di Rt.10 Kelurahan Pane; 5. Satu Atap rumah rumah warga Rt 12 Kelurahan Manggemaci rusak akibat angin kencang.

Adapun korban yang terdampak diantaranya Banjir Ni’u lebih kurang 30 KK, Kelurahan Sambinae 35 KK dan angin kencang Manggemaci sebanyak 1 KK.

Upaya yang telah dilakukan diantaranya: Pendataan dan pembersihan di wilayah terdampak banjir, Pemotongan dan pembersihan pohon yg tumbang, dan Pemberian bantuan bagi korban angin kencang di Manggemaci berupa terpal, selimut, paket sembako dan tikar. (dk)

97 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *