Ternyata ini alasan Hujan mendadak bikin Lo galau

Sudut Hati, Lawatanews- Sebenarnya hujan dengan kenangan memiliki keterkaitan yang bisa dibuktikan secara ilmiah lewat ilmu psikologi. Hasil penelitian yang dilakukan di Eropa dan Amerika Serikat menyebut ada fenomena psikologi populer bernama seasonal affective disorder (SAD)

1. Aroma hujan bisa ngubah mood seseorang

Tiap kali hujan, lo pasti bisa mencium aroma yang beda. Apalagi saat posisi lo di alam bebas. Perubahannya berasa benget. Lo yang awalnya biasa aja bisa mendadak langsung sendu. Lo yang awalnya lagi galau jadi makin galau seakut-akutnya. Kenapa bisa gitu? Menurut penelitian aroma huja mengandung senyawa yang bisa bikin mood seseorang berubah jadi sendu.

2. Nggak ada kegiatan dan pikiran jadi kemana-mana

Di luar lagi hujan, lo lagi nggak ngapa-ngapain di kamar. Lo cuma memandangi tetesan air yang jatuh ke tanah atau yang mengalir di jendela. Suasana hati lo pasti langsung mendadak sendu. Yee kan? Pikiran lo mendadak nggak karuan. Lo jadi mikirin kenapa lo jomblo seumur hidup, kenapa nggak ada orang yang mau jadi pacar lo? Kenapa guru Matematika lo nggak pernah ngasih nilai 100 padahal lo ngerjain PR meskipun jawabannya salah semua, kenapa abang ojek nggak bisa ngertiin lo, dll dll. Segala hal negatif jadi muncul di suasana yang sendu. Kalo lagi panas, lo nggak akan kepikiran itu semua. Lo sibuk ngademin diri. Nyari kipas, tiduran di bawah AC, nyebur ke kolam ikan, dan lain-lain.

3. Punya kenangan sama hujan

Ini nih yang paling ngena. Lo punya kenangan yang ada kaitannya sama hujan. Mungkin aja lo pernah diajakin neduh di bawah pohon cabe saat hujan sama mantan lo atau lo pernah jatuh cinta sama seseorang saat lagi sama-sama neduh di emperan toko atau lo diputusin sama doi karena lo ngebatalin kencan gara-gara takut sama hujan. Semua kenangan itu satu per satu muncul dan bikin lo inget sama yang udah berlalu. Terus lo sedih, lo nyesel, lo pengen nangis, lo memutuskan buat benci sama hujan dan nggak pernah mau ngeliat hujan lagi.

4. Emang lo baperan

Semua alasan yang udah disebut tadi nggak cocok sama lo? Okay berarti emang lo yang baperan. Jangankan ngeliat hujan, ngeliat rumput bergoyang, lo galau. Ngeliat sandal yang mirip sama punya mantan gebetan lo, lo sedih. Ngeliat orang pakai kacamata, lo resah. Ngeliat semut yang berbaris di dinding, lo gelisah. Bahkan, denger nafas lo sendiri aja, lo bapeeer.

*disadur dari berbagai sumber

105 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *